Senin, 29 Maret 2010

bertanam secara organik

bertanam secara organik sekarang ini banyak ditinggalkan oleh para petani. Pertanian yang berkembang sekarang ini tidak lepas dari penggunaan bahan kimia, baik untuk pemupukan, pemicu pertumbuhan, perekat serta pengendalian hama dan penyakit. Namun penggunaan bahan kimia yang berulang-ulang tidaklah bagus bagi lingkungan dan hama atau penyakit akan menjadi kebal terhadap pestisida, belum lagi manusia yang menikmati hasil pertanian tersebut kesehatan akan terganggu akibat residu bahan kimia. Menurut ...
WHO (world Health Organization), selama... beberapa tahun terakhir ini banyak bermunculan penyakit yang disebabkan keracunan zat kimia yang digunakan untuk untuk pertanian. Pestisida kimia merupakan bahan beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Hal itu disebabkan pestisida bersifat polutan dan dapat menyebarkan radikal bebas. Radikal bebas dari pestisida dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, seperti mutasi gen dan ganggunan susunan saraf pusat. Selain itu residu bahan kimia beracun yang tertinggal di produk pertanian dapat memicu kerusaan sel, penuaan dini dan munculnya penyakit regeneratif. Permasalahan yang berkembang sekarang ini dapat diatasi dengan pengembangan bertanam secara organik.
Pertanian secara organic mulai muncul di Indonesia pada tahun 1984. Yayasan Bina Sarana Bakti mulai mengembangkan pertanian organic di cisarua. Pertanian organic telah banyak diterapkan, seperti di Lembang (Bandung), Kaliwiro (Wonosobo) dan Salatiga. Ditempat-tempat tersebut, tanaman organic diusahakan pada hamparan atau ditanam dilahan. Di Jakarta pun telah banyak pengusaha tanaman organic yang menanam dipot atau polibag. Umumnya, tanaman yang diusahakan adalah sayuran. (Ir. Pracaya, bertanam sayuran organik hal. 6)
Bertanam secara organic adalah bercocok tanam tanpa mengunakan bahan kimia mulai dari pemupukan, pestisida, hormon pertumbuhan akan tetapi mengunakan bahan organic yang ramah lingkungan , tidak mencemarkan lingkungan dan tidak merusak lingkungan hidup. Sehingga lingkungan tetap subur dan ekosistem lingkunag tetap terjaga.
Kelebihan dari bertanam secara organic dibandingkan dengan bertanam secara konvensional adalah
• Tidak mengunakan pupuk maupun pestisida kimia sehingga tidak menimbulkan pencemaran lingkungan,
• Produk yang dihasilkan tidak mengandung racun sehingga kesehatan manusia tidak terganggu
• Tanaman organic mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan dengan non-organik.
Dalam perkembangannya tanaman yang ditanam secara organic tidak terbatas dengan sayuran saja tetapi mulai diusahakan pada tanaman padi, buah maupun tanaman obat. Adapun pengguna hasil tanaman organic terbatas pada orang-orang yang peduli akan kesehatan, tetapi tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak orang yang beralih ke produk tanaman organik. Apalagi pemerintah telah merencanakan program Indonesia Organik untuk tahun 2010 ini. Maka dewasa ini banyak berkembang gaya hidup sehat alami yang dikenal dengan istilah “back to nature”. Hal ini disebabkan produk yang dihasilkan dari pertanian organic terbukti tidak mengandung racun sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Berdasarkan pandangan tersebut masyarakat banyak yang beralih ke bahan pangan yang organik.
Dari hasil penelitian Nasional Centre of Organic Farming India (2009), selain aman dikonsumsi, produk organic mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan produk konvensional adalah :
• Mengandung lebih banyak zat antioksidan seperti Fenol dan asam salisilat.
• Sayuran dan buah lebih banyakmengandung vitamin C dan mineral
• 100% tidak mengandung residu pestisida yang beracun.

Acuan produk dan pertanian organic di Indonesia adalah SNI No. 01-6729-2002. pertanian organic merupakan salah satu dari sekian banyak cara yang dapat mendukung pelestarian lingkungan . Sistem produk secara organic di dasarkan pada standar produksi yang spesifik dan tepat agar tercapai agroekosistem yang optimal serta berkelanjutan secara social, ekologi, maupun ekonomi. Pertanian organic adalah system manajemen produksi holistic yang meningkatkan dan mengembangkan kesehatan agoekosistem, termasuk keragaman hayati, siklus biologi dan aktifitas biologi tanah. disini prinsip-prinsip bertanam organik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

budidaya tomat organik